79 Warga Binaan Pemasyarakatan di Jawa Tengah Dapat Remisi di Peringatan Waisak 2024

- 24 Mei 2024, 11:25 WIB
 Siaran Pers Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Rabu, 22Mei 2024 oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto.
Siaran Pers Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Rabu, 22Mei 2024 oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto. /Humas Imigrasi Wonosobo

KABAR WONOSOBO – Sebanyak 79 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di wilayah Jawa Tengah memperoleh Remisi Khusus pada peringatan Waisak 2568 BE Tahun 2024.

Remisi Khusus di hari raya itu diberikan kepada narapidana penganut agama Budha. Dari jumlah tersebut, tidak ada WBP yang dapat langsung bebas.

Hal itu juga dijelaskan dalam Siaran Pers Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Rabu, 22Mei 2024 oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto.

Tejo mengatakan jika besaran remisi yang diberikan pada Hari Raya Waisak ini juga sama seperti Remisi Khusus lainnya, yaitu antara 15 hari sampai 2 bulan.

Baca Juga: Stand Kemenkumham Jateng Jadi Terbaik Kedua di Dekranas Expo 2024

"Di hari istimewa ini, Remisi Khusus 15 hari diberikan kepada 3 orang, sebanyak 1 bulan diberikan kepada 27 orang, dan sebanyak 1 bulan 15 hari kepada 26 orang serta remisi 2 bulan diberikan kepada 23 WBP, " terang Kakanwil.

Pemberian remisi itu dijelaskan Tejo merupakan hak WBP yang tentunya telah menunjukkan perilaku baik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

"Pemberian remisi khusus ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi WBP untuk menjadi lebih baik dan kembali ke masyarakat sebagai insan yang bermanfaat, " sambung Kakanwil.

Diketahui, dari jumlah 49 Lapas dan Rutan yang ada di Jawa Tengah, Lapas Kelas IIA Kembangkuning Nusakambangan menjadi penyumbang terbanyak WBP yang mendapatkan remisi. Tercatat ada 19 orang WBP yang mendapatkan remisi di UPT ini. Disusul Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan dengan jumlah 14 orang dan Lapas Kelas IIA Besi Nusakambangan sebanyak 14 orang.

Baca Juga: Sosialisasi Imigrasi di Magelang Bahas Percepatan Proses Visa dan Izin Tinggal WNA dengan Molina

Halaman:

Editor: Erwin Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah