Dieng Orienteering Race 2023 Perkuat Sport Tourism dan Slogan Berwisatadi Indonesia Aja

22 Mei 2023, 11:24 WIB
Seremoni Pembukaan Dieng Orienteering Race 2023, Minggu, 21 Mei 2023, di Halaman Taman Syailendra Dieng Wonosobo. /Dinas Kominfo Wonosobo

KABAR WONOSOBO - Event Wisata Minat Khusus Dieng Orienteering Race 2023 sukses dilaksanakan dengan animo peserta yang luar biasa, pada 19 hingga 21 Mei 2023 bertempat di Kawasan Wisata Dieng.

Orienteering menjadi salah satu cabang Sport Tourism yang sudah semakin digemari dan kini menjadi salah satu event wisata minat khusus yang potensial untuk dikembangkan di daerah Kawasan Wisata Dieng baik Wonosobo maupun Banjarnegara.

Event ini juga memperkuat upaya Berwisata di Indonesia Aja khususnya di bidang Sport Tourism. Demikian ungkap Menparekraf RI Sandiaga Uno dalam sambutannya yang diperdengarkan secara online pada acara Seremoni Pembukaan Dieng Orienteering Race 2023, Minggu, 21 Mei 2023, di Halaman Taman Syailendra Dieng Wonosobo.

Baca Juga: Dieng Orienteering Race 2022 Sukses Diikuti 198 Peserta dari 3 Negara

Selain itu, Kabid Pemasaran Disporapar Prov Jateng Setyo Irawan juga menyambut positif kegiatan ini sebagai salah satu upaya memasyarakatkan sport tourism di Jawa Tengah guna meningkatkan kunjungan wisata di Jawa Tengah.

Hal senada juga disampaikan Kabid Pemasaran Disparbud Fatonah Ismangil saat menyambut dan memberikan semangat kepada para peserta Dieng Orienteering Race 2023. Dirinya sangat apresitif karena Dieng Orienteering Race yang telah diselenggarakan dua kali 2022 dan 2023 berhasil menarik animo peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Walau tahun 2023 ini tidak ada peserta dari luar negeri, namun event ini tetap semarak karena diikuti kurang lebih 158 peserta dari berbagai daerah antara lain Kalimantan, Sulawesi, DKI Jakarta, Jabar, Banten, Jateng, DIY dan Jatim.

Terbagi menjadi 2 kategori yakni Foot orienteering dan Mountain Bike Orienteering. Adapun Foot Orienteering terbagi menjadi beberapa nomor yaitu 20K, 21K, dan 30K yang semuanya diikuti oleh peserta pria maupun wanita secara antusias.

Editor: Erwin Abdillah

Sumber: Dinas Kominfo Wonosobo

Tags

Terkini

Terpopuler