Rawat Kebhinekaan, FKUB Surakarta Audiensi di Wonosobo

- 23 November 2022, 18:32 WIB
FKUB) Kota Surakarta yang bermaksud melakukan silaturahmi dan audiensi bersama FKUB Wonosobo di Pendopo Wakil Bupati, Senin, 21 November 2022.
FKUB) Kota Surakarta yang bermaksud melakukan silaturahmi dan audiensi bersama FKUB Wonosobo di Pendopo Wakil Bupati, Senin, 21 November 2022. /Dinas Kominfo Wonosobo
 
KABAR WONOSOBO - Pemkab Wonosobo melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyambut dengan baik kedatangan rombongan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Surakarta yang bermaksud melakukan silaturahmi dan audiensi bersama FKUB Wonosobo di Pendopo Wakil Bupati, Senin, 21 November 2022.
 
Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Wonosobo Agus Kristiono saat diwawancarai awak media menyampaikan, audiensi tersebut untuk menjalin koordinasi dan kolaborasi antara FKUB Wonosobo dengan FKUB Kota Surakarta tentang kegiatan apa saja yang belum dan sudah dilaksanakan di Wonosobo dan sebaliknya. 
 
“Momentum ini menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi utamanya dalam menjalin kerukunan antar umat beragama, selain itu kami ingin memperkuat kebersamaan dan nilai toleransi yang tertuang dalam Bhineka Tunggal Ika sehingga mampu tercipta zero conflict,” katanya.
 
 
Terang Agus, selain audensi, rombongan FKUB Kota Surakarta juga akan mengunjungi beberapa desa percontohan yaitu, Desa Kebhinekaan di Desa Buntu Kejajar, Desa Pancasila di Desa Kapencar, dan Desa Djanti sebagai sentralnya kulturasi budaya.
 
Sementara itu, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam sambutan tertulisnya menegaskan, persatuan dan kesatuan menjadi kunci keberlangsungan dan kestabilan kondisi berbangsa dan bernegara. Sekat perbedaan menjadi perekat sendi-sendi kebangsaan yang menguatkan keberadaan keanekaragaman.
 
Menurut Afif, kekayaan dan keindahan alam di Wonosobo menjadi salah satu destinasi pariwisata yang diperhitungkan. Disamping itu, kerukunan penganut enam agama besar dan aliran kepercayaan lainnya yang tersebar luas di setiap kecamatan di Wonosobo, juga merupakan potensi luar biasa yang perlu dijaga dan dirawat.
 
 
“Keberadaan FKUB menjadi salah satu pilar bagi kokohnya bangunan Bhinneka Tunggal Ika di Kabupaten Wonosobo, FKUB diharapkan menjalankan fungsinya dengan baik dalam menghasilkan kedamaian dan ketenteraman diantara umat beragama,” ujarnya.
 
Jelasnya, FKUB Wonosobo selama ini telah banyak berkiprah dalam pemberantasan kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan, anarkisme, dan terorisme dalam program kerjanya. Selain itu, FKUB Wonosobo berperan penting dalam mewujudkan Wonosobo sebagai kabupaten teraman.
 
“Atas kunjungan ini, Saya harap mampu tercipta forum diskusi dan komunikasi yang efektif serta timbal balik bagi dua kabupaten, sehingga masing-masing dapat mengambil hikmah dan ilmu untuk di implementasikan pada daerahnya, juga memperkuat kerukunan umat beragama di daerah masing-masing,” harapnya.
 
 
Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Badan Kesbangpol Kota Surakarta Indradi menyampaikan, pihaknya bersama 17 anggota lainnya  ke Wonosobo untuk mengenal lebih dekat bagaimana mengelola heterogenitas moderasi beragama disini.
 
“Kami mengetahui, Wonosobo menjadi salah satu daerah percontohan mengelola moderasi beragama yang berjalan dengan baik, kami mohon diberikan ilmu dan pengalaman, karena kami hendak mengembangkan kampung kerukunan berbasis UMKM di 44 kelurahan di Surakarta,” pungkas Indradi.***

Editor: Erwin Abdillah

Sumber: Dinas Kominfo Wonosobo


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x