Wayang Othok Obrol Selokromo Digelar untuk Pelestarian dan Pengenalan Budaya Asli Wonosobo

- 21 Maret 2023, 12:05 WIB
Pagelaran Wayang Othok Obrol, Jumat malam kemarin 17 Maret 2023 di Balai Desa Selokromo.
Pagelaran Wayang Othok Obrol, Jumat malam kemarin 17 Maret 2023 di Balai Desa Selokromo. /Dinas Kominfo Wonosobo

KABAR WONOSOBO - Banyak jenis kesenian wayang yang berkembang dan salah satunya wayang Othok Obrol asal Selokromo Wonosobo yang kini hampir punah. 

Disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo Agus Wibowo bahwa lambat laun kesenian asli Tanah Air akan tergerus zaman, bahkan nyaris punah.

"Untuk itu, sejumlah pihak berupaya melestarikannya agar tetap hidup. Termasuk wayang Kedu yang berkembang di wilayah Kabupaten Wonosobo, dengan julukan wayang othok obrol di Desa Selokromo, Kecamatan Leksono,” jelas Agus Wibowo saat menghadiri Pagelaran Wayang Othok Obrol, Jumat malam kemarin 17 Maret 2023 di Balai Desa Selokromo.

Baca Juga: Musrenbangwil Purwomanggung 2023 di Wonosobo, Bupati Usulkan 5 Program Prioritas Pembangunan

Selain itu tambah Agus, wayang othok obrol telah lolos verifikasi kajian Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).  Sehingga, ini melengkapi beberapa tradisi lain dari Wonosobo yang telah terdaftar sebagai WBTB. Misalnya Ruwatan Rambut Gimbal pada 2016, Hak-hakan pada 2018, serta Tari Topeng Lengger dan Bundengan pada 2020. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, popularitas kesenian Wayang Othok Obrol meredup seiring dengan arus globalisasi dan perkembangan media sosial. Di sisi lain, wayang itu dinilai terlalu pakem dan tidak mampu menyesuaikan dengan tuntutan zaman, sehingga perlahan-lahan kehilangan pasarnya. 

“Guna melestarikan seni dan budaya di Wonosobo, saya sudah menghimpun seluruh event-event skala kecil hingga internasional untuk kita suguhkan dan tampilkan. Event ini jangan berhenti di tahun ini aja, tetapi lebih dikemas lagi sesuai aspek pangsa pasar yang ingin dituju sehingga bisa menjadi event budaya yang bisa menarik wisatawan,” pungkasnya.

Baca Juga: Resmi, Tradisi Lisan Wonosobo Wayang Othok Obrol Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya TakBenda

Sementara itu, Penggiat Budaya sekaligus ketua Panitia Naniek Widayat menjelaskan, dibanding Wayang Gagrak (gaya) Mataram pada umumnya, Wayang Othok Obrol mempunyai ciri khas tersendiri. Antara lain sunggingan tokoh wayang dan suluk dalang yang berbeda, ketiadaan sinden atau wiraswara, gamelan yang tidak lengkap atau hanya tujuh alat gamelan, notasi gamelannya yang lebih sederhana, dan biasanya lebih banyak menggelar lakon ruwatan.

Halaman:

Editor: Erwin Abdillah

Sumber: Dinas Kominfo Wonosobo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah