TP PKK di Kecamatan Berperan Penting Dukung Keluarga Berkualitas di Wonosobo

- 21 Maret 2023, 12:13 WIB
Pelantikan Ketua TP PKK dan Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan Garung & Selomerto, Jum’at 17 Maret 2023 di Pendopo Kabupaten.
Pelantikan Ketua TP PKK dan Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan Garung & Selomerto, Jum’at 17 Maret 2023 di Pendopo Kabupaten. /Dinas Kominfo Wonosobo

KABAR WONOSOBO - Sebagai komunitas mikro dalam masyarakat, keluarga menjadi kekuatan pembangunan nasional. Dimana,  dari keluarga yang sejahtera dan berkualitas menjadi pondasi dasar bagi keutuhan, kekuatan dan keberlanjutan pembangunan bangsa.

Hal tersebut, selaras dengan arahan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, saat Pelantikan Ketua TP PKK dan Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan Garung & Selomerto, Jum’at 17 Maret 2023 di Pendopo Kabupaten.  

“Pembangunan keluarga menjadi aspek penting yang mutlak harus dilakukan, sehingga tercipta keluarga berkualitas yang dapat mendukung masa depan bangsa,” ujarnya.

Menurut Afif, Gerakan PKK sebagai pemberdayaan keluarga yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, PKK senantiasa memberikan kontribusi berharga dalam pembangunan. “Saya harap TP PKK Kecamatan dapat menjalankan program kerjanya secara beriringan, guna mendukung pengentasan permasalahan di seluruh penjuru kabupaten. Terus pantau kasus dan permasalahan yang terjadi di wilayah masing-masing, dan melakukan upaya-upaya preventif agar tidak terjadi permasalahan serupa,” jelasnya.

Baca Juga: Wayang Othok Obrol Selokromo Digelar untuk Pelestarian dan Pengenalan Budaya Asli Wonosobo

Selaras dengan itu, Afif berharap momentum ini dijadikan untuk meningkatkan semangat, serta komitmen untuk terus meningkatkan kapasitas diri, sehingga pelayanan pendidikan anak usia dini akan menjadi lebih efektif serta efisien.

“TP PKK Kecamatan juga memiliki pekerjaan rumah yang melibatkan permasalahan perempuan, anak, dan keluarga, salah satunya adalah perkawinan usia anak,” pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kab. Wonosobo, Dyah Afif Nurhidayat menyampaikan, PKK sebagai organisasi yang mempunyai tangan panjang sampai ke dasa wisma,  memiliki potensi besar dalam menciptakan ketahanan keluarga guna mewujudkan keluarga yang  sejahtera dan berkualitas.

Menurutnya, dalam pelaksanaan gerakan PKK, sangat diperlukan keterpaduan, keselarasan dalam perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan disetiap jenjang  yang ada. “Kepada ibu-ibu ketua TP PKK yang baru dilantik, segera langsung dapat menyesuaikan di  wilayah masing masing, selalu berkonsultasi, berkoordinasi dengan Bapak Camat masing-masing dalam pelaksanaan kegiatan PKK membantu pemerintah mengatasi permasalahan khususnya permasalahan ibu dan anak di Kabupaten Wonosobo,” pungkasnya.***

Editor: Erwin Abdillah

Sumber: Dinas Kominfo Wonosobo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah