Pemkab Wonosobo Gelar Musrenbangkab 2023, Langkah Sinkronisasi dan Sinergisitas Penyusunan RKPD 2024

- 22 Maret 2023, 09:02 WIB
Musrembangkab Wonosobo tahun 2023, di Pendopo Kabupaten,  Selasa, 21 Maret 2023.
Musrembangkab Wonosobo tahun 2023, di Pendopo Kabupaten, Selasa, 21 Maret 2023. /Dinas Kominfo Wonosobo

KABAR WONOSOBO - Salah satu langkah dalam mendapatkan rincian dan masukan dalam menyempurnakan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah atau RKPD, Pemerintah Kabupaten Wonosobo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab) tahun 2023, di Pendopo Kabupaten,  Selasa, 21 Maret 2023.

Pada agenda itu, juga memuat pembahasan tentang prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi SKPD, dan rancangan pembangunan.

Pada Musrenbangkab 2023, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat menyebut bahwa musyawarah itu merupakan kesempatan yang sangat baik untuk bersama-sama melakukan sinkronisasi dan sinergisitas Rancangan RKPD Kabupaten Wonosobo.

"Kita berkomitmen untuk selalu mengedepankan hasil-hasil rumusan perencanaan pembangunan dalam penyusunan Rancangan APBD Kabupaten Wonosobo. Mari optimis menatap masa depan Wonosobo, dengan saling bersinergi dalam kebersamaan,” tambahnya.

Baca Juga: BANGGA! 2 Desa Wisata di Wonosobo Masuk 500 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI 2023)

Lebih lanjut menurut Afif, hasil dari Musrenbang ialah terlaksananya sinergitas prioritas program dan kegiatan SKPD tahun 2024 dari berbagai sumber pendanaan, baik APBD kabupaten, APBD provinsi, dana APBN dan dana lainnya, dengan memperhatikan aspirasi yang berkembang di masyarakat. 

“Saya memandang bahwa Musrenbang ini merupakan momentum penting untuk menyatukan aspirasi dan pola pikir dari berbagai unsur, serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan, baik yang merupakan urusan wajib maupun urusan pilihan, serta yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral dari pemerintah atasan,” ungkap Afif.

Diminta bupati bahwa semua kepala perangkat daerah agar memperhatikan hasil Musrenbang, sehingga  dapat menyerap dan mengalokasikan kegiatan secara prioritas dan proporsional sesuai kebutuhan. Sehingga perlakuan pengalokasian anggaran dapat mencerminkan prinsip money follow priority programme.

Afif juga menyampaikan terkait strategi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan yang telah dilakukan, antara lain, Gerakan Entaskan Kemiskinan Menuju Sejahtera (Gerimis Mesra).

Halaman:

Editor: Erwin Abdillah

Sumber: Dinas Kominfo Wonosobo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x