4 Cendekiawan Muslim yang Ilmunya Mengubah Dunia, Salah Satunya Ibnu Sina

- 24 Maret 2023, 13:53 WIB
Ibnu Sina, Ilmuan Islam yang menciptakan buku Canon Of Medicine dan berjuluk bapak pengobatan modern
Ibnu Sina, Ilmuan Islam yang menciptakan buku Canon Of Medicine dan berjuluk bapak pengobatan modern /Kolase by Wandi /Jurnal Palopo

KABAR WONOSOBO - Saat ini di zaman teknologi yang semakin maju, banyak sekali bidang keilmuan yang sudah berkembang dan dinikmati oleh umat manusia.

Sayangnya, kemajuan ilmu dan teknologi belumlah merata dan masih didominasi oleh negara-negara tertentu saja.

Berdasarkan publikasi, kebanyakan kemajuan ilmu dan teknologi terjadi di negara barat, yang mana memang kebanyakan negara yang digolongkan sebagai negara maju adalah negara barat.

Orang Indonesia sendiri kerap kali menggunakan hasil penelitian negara barat sebagai rujukan dari pembuatan karya ilmiah dan penelitian.

Baca Juga: 6 Jurusan Unggulan Terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Namun, tak hanya ilmuwan barat yang bisa menghasilkan penemuan dan pemikiran hebat. Masa kekhalifahan Islam yang menjadi salah satu peradaban termaju di masanya juga memiliki banyak ilmuwan dan cendekiawan yang patut diperhitungkan.

Sayangnya banyak orang yang tidak tahu bahwa keilmuan yang mereka pelajari dan nikmati hasilnya saat ini bisa jadi merupakan hasil pemikiran para ilmuwan muslim berikut.

Padahal ilmuwan muslim berikut ini memiliki hasil penemuan di berbagai macam bidang yang sangat luar biasa, hingga bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

Halaman:

Editor: Agung Setio Nugroho

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x