JANGAN LEWATKAN! Jadwal dan Lokasi Festival Balon Udara Wonosobo 2024, Serasa di Cappadocia

- 15 April 2024, 15:54 WIB
Suasana Festival Balon Udara Wonosobo 2024 yang merupakan rangkaian dari Festival Mudik 2024
Suasana Festival Balon Udara Wonosobo 2024 yang merupakan rangkaian dari Festival Mudik 2024 /Instagram @disparbudwonosobo/

KABAR WONOSOBO - Festival Balon Udara Tradisional Wonosobo kembali hadir bersamaan dengan datangnya Festival Mudik 2024. Simak jadwal dan lokasi Festival Balon Wonosobo di artikel ini!

Festival Balon Udara Tradisional Wonosobo adalah sebuah acara yang secara rutin dilaksanakan di Kabupaten Wonosobo. Beberapa tahun belakangan, Festival Balon Udara Wonosobo disandingkan dengan Festival Mudik Wonosobo, tak terkecuali tahun ini dimana festival ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Mudik 2024.

Tahun ini, Festival Balon Udara Wonosobo diselenggarakan di 14 titik yang tersebar di beberapa kecamatan di Wonosobo selama 11 hari, mulai dari Kamis, 11 April 2024 hingga Minggu, 21 April 2024.

Di ujung pelaksanaan Festival Balon Udara Wonosobo, seluruh balon udara terbaik yang mengikuti festival balon udara di beberapa titik tersebut akan mengikuti puncak festival yang akan diselenggarakan di pusat kota Wonosobo, yakni Alun-Alun Wonosobo.

Baca Juga: Wonosobo dan Pekalongan Diacungi Jempol Kemenhub Soal Penanganan Balon Udara

Balon udara tradisional yang memiliki berbagai macam motif mulai dari tradisional hingga kontemporer ini akan menghiasi langit Wonosobo selama beberapa jam, mulai dari pukul 06.00. Waktu penutupan dari masing-masing festival berbeda karena tergantung pada cuaca. Semakin kencang angin berembus, semakin tidak kondusif pula pelaksanaan festival balon.

Perlu diperhatikan bahwa balon udara tradisional ini akan diterbangkan secara terbatas dan akan ditambatkan. Ini berarti balon udara akan terbang secara terkendali dan tidak dibiarkan terbang bebas tanpa tujuan.

Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah terkait penerbangan balon udara tradisional. Peraturan ini dibuat agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan berkaitan dengan balon ini, baik dalam hal keamanan transportasi udara maupun keamanan instalasi listrik tegangan tinggi.

Jadi kapan dan di mana saja lokasi pelaksanaan Festival Balon Udara Wonosobo di Festival Mudik 2024? Simak daftarnya di bawah ini.

Halaman:

Editor: Agung Setio Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah